02 November 2022

Manfaat & Pentingnya Cuci Muka Sebelum Tidur

Seketika aktivitas selesai lalu sampai di rumah, ingin rasanya melewati cuci muka sebelum tidur dan membersihkan tubuh. Kebiasaan siapa nih?

Seharian beraktifitas membuat tubuh harus berhadapan dengan debu dan kotoran yang tidak bisa kita hindari. Seketika aktivitas selesai lalu sampai di rumah, ingin rasanya melewati cuci muka sebelum tidur dan membersihkan tubuh. Kebiasaan siapa nih?

Bicara soal wajah, bagian tubuh ini jadi yang paling mudah terkena debu dan kotoran. Serta bagian wajah juga jadi bagian yang sering dipandang bahkan jadi faktor penilaian orang lain. Makanya, perlu untuk menyempatkan cuci muka sebelum tidur agar kulit wajah bebas kotoran dan nyaman dipandang.

Kebiasaan berseka wajah sebelum dan sesudah beraktifitas sangatlah bermanfaat. Pentingnya berseka di pagi hari membuat wajah segar dan sehat untuk memulai hari. Begitu pula pentingnya berseka di malam hari yakni untuk membersihkan kotoran dan debu wajah menjadi kembali bersih serta sehat. 

Manfaat Mencuci Wajah Sebelum Tidur

       1. Menghilangkan Debu dan Kotoran

Manfaat pertama pasti kamu paham betul ya. Setelah menghadapi begitu banyak debu dan kotoran sepanjang hari, wajah perlu untuk dibersihkan. Wajah yang sudah bersih membuat resiko muncul jerawat jadi berkurang, terutama ketika bersentuhan dengan sprei sewaktu tidur. 

Bayangkan jika tidak cuci muka sebelum tidur, kotoran di pori-pori wajah yang menumpuk lalu menempel dengan sprei selama semalaman. Maka dari itu kamu perlu menjaga kebersihan wajah serta kebersihan sprei untuk kulitmu.  

       2. Bersih Sampai Pori-Pori

Seperti yang sudah dibahas di sebelumnya, kotoran bisa menghinggap di pori-pori di kulit wajah. Sementara itu, bertambahnya usia membuat ukuran pori-pori semakin membesar dan jadi tempat hinggap kotoran lebih banyak lagi. 

Daripada pori-pori terlanjur mengalami penurunan fungsi, maka cara untuk menjaga fungsinya yakni dengan cuci muka. Apalagi dengan cuci muka dua kali sehari sudah bisa menjaga kesehatan dan kebersihan wajah. 

       3. Kulit Bernafas dengan Baik

Jerawat, komedo, dan milia adalah masalah kulit wajah yang umum membuat bad mood dan tidak percaya diri. Penyebab muncul jerawat itu bisa karena jarang membersihkan muka, faktor biologis, dan tumpukan kotoran di pori-pori. 

Akibatnya kotoran dan debu yang menumpuk akhirnya membuat pori-pori jadi kesulitan bernafas. Sehingga lubang kecil kulit yang berfungsi mengeluarkan minyak alami jadi tertutup kotoran. 

       4. Bersih Bikin Wajah Tampak Muda

Membersihkan dan melembabkan wajah jelas membuat wajah jadi sehat. Selain sehat, wajah pun jadi terlihat lebih muda dan bisa buat tambah percaya diri. Coba kamu cek kondisi wajahmu sudah cukup dibersihkan atau belum?

Biasakan cuci muka dari ketika kulit sudah mampu terkena kandungan sabun. Mengajak si kecil untuk cuci muka sebelum tidur pun bisa jadi caramu mengajarkannya bagian dari kesehatan kulit dan wajah. Dengan begitu, wajah jadi terlindungi dari resiko kesehatan lebih dini dan terjaga untuk jangka panjang.

Kalau kamu penasaran dengan cara membersihkan wajah apa sudah benar atau belum, kamu bisa ikuti tips cuci muka dibawah ini!

cuci muka sebelum tidur

  1. Basahi wajah dengan air hangat karena bisa menghilangkan minyak kulit wajah lebih baik. Sedangkan dengan air dingin tidak akan menghilangkan minyak dengan maksimal.

  2. Selanjutnya, bersihkan wajah dengan sabun muka yang sesuai kulit. Sesuaikan kondisi kulit dengan kandungan sabun wajah lalu usap sabun dengan gerakan melingkar dan lembut. 

  3. Setelah wajah dibilas, usap wajah dengan handuk lembut. Usap wajah selembut dengan gerakan melingkar di area pipi, leher, dan terutama area hidung yang sering dihinggapi kotoran dan komedo. 

  4. Sedangkan untuk pemilik wajah yang kering, ada baiknya tambahkan skincare berupa toner. Perawatan wajah tambahan bisa menambah kesehatan wajah jadi lebih baik. 

  5. Sebagai penutup membersihkan wajah, bisa tambah lagi pelembab atau serum wajah. Pembersih wajah ini bisa melindungi wajah selama aktivitas harian. 

Sebagai tambahan, perhatikan kebersihan kondisi tempat tidurmu juga karena akan bersentuhan dengan wajah. Sekarang kamu sudah tahu manfaat dan pentingnya cuci muka. Jangan lupa untuk membiasakan hal ini sebaik mungkin, terutama cuci muka sebelum tidur!

***

California Lovers, ciri tidur berkualitas ialah tubuh dan pikiran merasa segar ketika bangun tidur! Supaya kamu bisa mendapatkan tidur berkualitas, kamu bisa mulai sertakan sprei dan bed cover untuk tempat tidur. California by My Love bisa bantu tidurmu membaik dengan produk bed cover, sprei, selimut, dan karpet! Tinggal kamu sesuaikan dengan motif California yang ada di katalog serta bisa didapat di Shopee dan Tokopedia

Back

Tips Lainnya

Product 1
27 August 2020

Selama Pandemi Ganti Seprai Lebih Sering

Product 1
27 August 2020

Family Time! Ini Manfaat Kumpul Keluarga!

Product 1
27 August 2020

Pusing Setelah Tidur? Mungkin ini Penyebabnya

Loading...