22 December 2022

Berapa Bulan sekali Sprei Diganti

Tahukah kamu, waktu yang dihabiskan di tempat tidur setiap harinya berkisar 7-9 jam sehingga sepertiga waktu setiap hari dihabiskan di tempat tidur

Tahukah kamu, waktu yang dihabiskan kebanyakan orang di tempat tidur ialah berkisar tujuh sampai sembilan jam setiap harinya. Durasi selama itu berarti sama dengan sepertiga hari yang dihabiskan bersama bantal, guling, sprei, dan selimut. Sehingga perhatian pada tempat tidur perlu dijaga dan dirawat secara berkala. 

Apalagi penggunaan kasur yang bisa berlangsung selama tahunan. Tidak mungkin untuk mengenakan sprei dan sarung bantal yang itu-itu saja dalam waktu yang lama. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya spreimu tetap nyaman digunakan istirahat.

Faktor yang Mempengaruhi Kondisi Sprei

1. Seberapa Sering Digunakan Tidur

Usia pemakaian bergantung pada seberapa sering sprei digunakan. Seandainya kamu tipe orang yang jarang tidur di kamar sendiri urusan kegiatan di luar kota maka kondisi sprei dalam kondisi yang baik.

2. Memasang Lapisan Tambahan

Sedangkan untuk menambah kondisi penggunaan sprei, kamu bisa tambah lapisan tambahan di tempat tidur. Lapisan ini berguna agar sprei tidak langsung bersentuhan dengan tempat tidur setiap digunakan istirahat. 

3. Penyimpanan Sprei

Sedangkan untuk sprei yang sedang tidak dipasang juga perlu dirawat. Meski tidak dipakai, tapi perlu diperhatikan bagaimana sprei dilipat dan disimpan, terutama tentang tempat penyimpanan. 

menyimpan sprei

Tips Menyimpan Sprei

  • Simpan sprei di tempat yang kering dan bersuhu ruangan
  • Gunakan silica gel untuk menyerap kelembaban dengan baik
  • Hindari menggunakan tempat penyimpanan plastik untuk mencegah jamur

Berapa Bulan Sekali Sprei Diganti?

Setiap orang pasti punya tingkat kebersihannya tersendiri yang perlu dijaga. Kalau kamu ingin tempat tidur yang amat sehat sebaiknya sprei diganti satu minggu sekali. Tapi kalau dirasa terlalu singkat, mengganti sprei dua minggu sekali masih ideal dilakukan. 

Dalam waktu satu bulan, idealnya kamu butuh 2 - 3 sprei dan bedcover, tergantung penggunanya dalam menjaga kebersihan kamar.

Jika dibandingkan penggunaan kasur yang bisa bertahun-tahun, maka nantinya kamu akan sering mengganti sprei dengan yang baru. Walaupun jumlah sprei dan bedcover yang dimiliki dalam satu tahun bisa berbeda jumlahnya, tergantung cara penggunaan dan perawatannya. 

Sementara itu, kebutuhan memiliki sprei baru biasanya dialami bagi orang yang pindahan rumah atau mendekorasi ulang kamar. Sehingga ruangan yang baru jadi kesempatan mendapatkan kebutuhan sprei maupun bedcover yang baru juga.

Tips Agar Sprei Lebih Tahan Lama

1. Persiapan Pencucian

Pisahkan sprei maupun bedcover dengan pakaian lain dari proses perendaman. Hal ini untuk mencegah warna yang larut dari pakaian-pakaian yang sedang dicuci. 

2. Proses Pencucian

Hindari penggunaan detergen dalam jumlah berlebihan dan jangan menuangkan deterjen langsung ke sprei. Serta proses pencucian yang dilakukan dengan level terendah atau dikucek dengan tangan.

3. Menjemur 

Proses menjemur yang baik pun bisa membuat sprei jadi awet. Cara yang baik untuk mengeringkan sprei ialah dengan dianginkan dan jauhkan dari panas matahari langsung. Sedangkan pengeringan menggunakan mesin disarankan dengan level rendah juga.

mencuci sprei

Tips Mencuci Sprei yang perlu diperhatikan:

1. Label 

Keterangan di label sprei biasanya punya petunjuk yang diberikan untuk merawat produk dengan benar. Kalaupun tidak ada di label, coba perhatikan di bagian kemasan yang ada. Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah lagi mencuci sprei sesuai petunjuk yang diberikan.

2. Perhatikan Suhu Air

Umumnya, mencuci dengan air panas memang dikenal sebagai salah satu cara menghilangkan bakteri. Namun untuk mencuci sprei, sebaiknya perhatikan suhu yang disarankan untuk agar kondisi asli sprei tetap terjaga. 

Kesimpulan

Penjelasan tentang “berapa bulan sekali sprei diganti” rupanya bisa bergantung pada penggunaan dan perawatannya. Setidaknya, punya dua sampai tiga sprei dan bedcover sudah cukup untuk digunakan beberapa waktu kedepan. Dengan begitu, kamu bisa merencanakan kebutuhan yang diperlukan dalam beberapa bulan sekali sampai setahun. 

***

California Lovers, ciri tidur berkualitas ialah tubuh dan pikiran merasa segar ketika bangun tidur! Supaya kamu bisa mendapatkan tidur berkualitas, kamu bisa mulai sertakan sprei dan bed cover untuk tempat tidur. California by My Love bisa bantu tidurmu membaik dengan produk bed cover, sprei, selimut, dan karpet! Tinggal kamu sesuaikan dengan motif California yang ada di katalog serta bisa didapat di Shopee dan Tokopedia

Back

Tips Lainnya

Product 1
27 August 2020

Suasana kamar berubah hanya mengganti ini

Product 1
27 August 2020

Family Time! Ini Manfaat Kumpul Keluarga!

Product 1
27 August 2020

7 Motif Sprei Estetik Ala Sprei California

Loading...