07 November 2022

Pusing Setelah Tidur? Mungkin ini Penyebabnya

Keinginan beraktifitas jadi tertunda karena harus meredakan pusing terlebih dahulu. Sebenarnya apa penyebab pusing ini?

Merasakan pusing setelah tidur memang jadi hal yang mengganggu di pagi hari. Keinginan beraktifitas jadi tertunda karena harus meredakan pusing terlebih dahulu. Sebenarnya apa penyebab pusing ini?

Keluhan sakit kepala bisa muncul dengan berbagai sebab dan tidak muncul ketika pagi hari saja. Rasa pusing bahkan mual setelah tidur pun bisa muncul termasuk setelah tidur siang. 

 

5 Sebab Pusing Setelah Tidur

       1. Sleep Apnea atau Mendengkur

Sleep apnea adalah sebutan untuk gangguan pernafasan sewaktu tidur. Contoh sleep apnea adalah mendengkur atau ngorok. Jangan salah paham menganggap orang yang tidur ngorok berarti sedang mengalami tidur yang berkualitas. Justru bisa jadi ia punya gejala gangguan pernafasan tidur. 

Beberapa penyebab mendengkur atau gangguan pernafasan tidur bermula dari:

  • Ukuran dan posisi bantal yang menyulitkan saluran bernafas

  • Posisi tidur yang menyulitkan saluran nafas

  • Berat badan berlebih

  • Minuman beralkohol 

  • Rokok

Mungkin salah satu sebab diatas adalah penyebab kamu pusing ketika bangun tidur. Sebaiknya mulailah dari memperbaiki posisi tidur dan pola hidup untuk sementara waktu untuk melihat hasilnya. 

 

       2. Kurang Tidur

Menurut American Headache Society, insomnia adalah keluhan tidur paling umum yang dialami banyak orang disertai pusing. Insomnia membuat pengidapnya selalu merasa tidak punya waktu yang cukup untuk tidur. Belum lagi kamu perlu beraktivitas sesegera mungkin setelah tidur. 

Sehingga, pikiranmu yang belum siap untuk “aktif” dipaksa untuk bekerja yang seharusnya pikiranmu masih harus beristirahat. 

Sekarang coba cek riwayat tidurmu beberapa hari ke belakang, barangkali kamu mengalami insomnia seperti sulit tidur, sering terbangun ditengah tidur, dan kurang tidur. Diantara ketiga itu, sebab manakah yang sering kamu alami beberapa hari kebelakang? Dengan menjawab pertanyaan tadi akan memudahkanmu untuk penanganan pusing setelah tidur.

       3. Tidur Berlebihan

Pusing setiap bangun tidur bukan cuma karena kurangnya tidur. Namun, tidur berlebihan juga jadi salah satu sebabnya. Lalu berapa jam tidur yang sesuai?

Melansir dari situs kementerian kesehatan, jam tidur orang dewasa (berusia 18-40 tahun) yang dianjurkan adalah 7 - 9 jam. Durasi tidur selama sesuai anjuran tersebut sudah cukup bagi tubuh dan pikiran untuk beristirahat dengan baik Penyebab tidur berlebihan sendiri bisa muncul karena kelelahan fisik maupun kelelahan mental. 

Dengan begitu, baik itu kurang tidur maupun tidur berlebih masih bisa menyebabkan pusing setelah tidur. Kebanyakan tidur juga membuat waktu produktifmu dalam satu hari jadi berkurang.  

       4. Obat-obatan atau Suplemen Makanan

Melansir everydayhealth, beberapa obat bisa memberi efek yang membuat tidurmu terganggu. Pada obat dan dosis tertentu bisa membuat seseorang merasakan cepat mengantuk bahkan sebaliknya yakni sulit tidur. Namun, bahan konsumsi obat punya efek yang berbeda pada setiap orang.

Namun bukan berarti kamu harus berhenti total konsumsi obat, apalagi jika kamu memang membutuhkannya. Hal yang sebaiknya kamu lakukan adalah dengan konsultasi dengan dokter untuk menyesuaikan dosis agar efek sampingnya bisa berkurang. 

Beberapa obat ini perlu kamu perhatikan penggunaan dan efek sampingnya:

  • Parasetamol

  • Aspirin

  • Obat pereda nyeri resep

Sedangkan kalau kamu harus konsumsi obat menjelang tidur, ada kemungkinan bakal mempengaruhi tidurmu. Selain itu, efek samping obatnya punya potensi menyebabkan sakit kepala setelah tidur. Salah satu obat yang dapat memicu sakit kepala yakni obat tekanan darah dan jantung. 

Seandainya belakangan ini kamu konsumsi obat-obatan diatas maka lebih baik kamu coba perhatikan lagi kandungan dan efek sampingnya. Kalau perlu, kamu coba berhenti konsumsi untuk beberapa hari untuk melihat efek samping apakah masih pusing setelah tidur atau tidak.

***

California Lovers, ciri tidur berkualitas ialah tubuh dan pikiran merasa segar ketika bangun tidur! Supaya kamu bisa mendapatkan tidur berkualitas, kamu bisa mulai sertakan sprei dan bed cover untuk tempat tidur. California by My Love bisa bantu tidurmu membaik dengan produk bed cover, sprei, selimut, dan karpet! Tinggal kamu sesuaikan dengan motif California yang ada di katalog serta bisa didapat di Shopee dan Tokopedia

< Back

Tips Lainnya

Product 1
27 August 2020

Selama Pandemi Ganti Seprai Lebih Sering

Product 1
27 August 2020

Suasana kamar berubah hanya mengganti ini

Product 1
27 August 2020

Tidur Lebih Cepat dengan 4 Cara Cepat Tidur!

Loading...