16 November 2022

Tidur Lebih Cepat dengan 4 Cara Cepat Tidur!

Daripada ngedumel terus, rupanya ada cara baru untuk tidur lebih cepat karena berkaitan dengan biologi dan psikologi agar tubuh tambah relaks. 

Pernah nggak sih kamu iri dengan teman yang bisa tidur cepat? Hidupnya kaya gampang banget buat tidur kapanpun dan dimanapun ya. Sementara itu, usaha kita untuk tidur kaya susah banget dan jadi pengen tau cara cepat tidur seperti teman kita.

Karena sulit tidur, kamu cuma bisa berguling-guling berputar dan melamun supaya bisa cepat tidur. Mungkin kamu pun sudah coba macam cara cepat tidur yang banyak disarankan, dari membaca buku sampai mematikan gadget, tapi masih belum berhasil.

Nah daripada ngedumel terus, rupanya ada cara baru untuk tidur lebih cepat. Cara ini bisa kamu coba karena loh karena berkaitan dengan biologi dan psikologi agar tubuh tambah relaks. 

Yuk Coba Ikuti 4 Cara Cepat Tidur!  

       1. Atur Nafas

Cara cepat tidur pertama dimulai dari pola pernapasan. Meski cuma dari bernafas, tapi ini mempengaruhi ke bagian tubuh seperti otot, detak jantung, dan proses relaksasi. Aturlah nafasmu yang dalam dan teratur sehingga tubuh santai dan hati jadi tenang. 

Sebaliknya, nafas yang cepat dan tidak dalam malah menimbulkan rasa cemas. Ibaratnya seperti kondisi bernafas ketika kamu ketakutan atau seperti sehabis berolahraga. 

Salah satu teknik yang bisa dicoba adalah metode 4-7-8 yang dikembangkan oleh ahli kesehatan bernama Dr. Andrew Weil. Berikut panduannya: 

  • Posisikan ujung lidah di belakang gigi atas selama mengatur nafas

  • Tarik nafas dari hidung lalu buang melalui mulut

  • 4: Sekarang, tutup mulut dan tarik napas melalui hidung selama 4 detik.

  • 7: Tahan napas selama 7 detik.

  • 8: Buang napas perlahan-lahan lewat mulut selama 8 detik.

Metode ini dilakukan dengan posisi duduk tegak, seperti posisi meditasi. Ulangi metode tadi beberapa kali sebelum tidur sampai kamu merasa lebih rileks dari sebelumnya. Ketika sudah rileks, kamu bisa coba berbaring untuk tidur. 

 

       2. Gelapkan Kamar Termasuk Cahaya Gadget

Kalau kamu ketergantungan dengan gadget, sebaiknya mulailah perbaiki ya. Suhu dingin dan gelap adalah faktor penambah membuat cepat tidur. Sedangkan cahaya gadget adalah penyebab lamanya tidur. 

Sering lihat layar gadget = jam tidur semakin mundur.

Salah satu penyebab gejala insomnia ialah gadget. Semakin sering mata melihat layar sebelum tidur akan berakibat pada jam biologis kita beristirahat. Hal ini berkaitan dengan ritme sirkadian tubuh yang terganggu. 

Maka dari itu buatlah kebiasaan menghindari penggunaan gadget. Serta pastikan kamarmu gelap dengan suhu dingin ruangan. Sehingga membuat otak berpikir “waktunya tidur” dan melatih otak untuk secara otomatis rileks ketika di tempat tidur.

Mulailah meredupkan lampu setidaknya 30 menit dan hindari juga penggunaan gadget sebelum tidur. 

 

       3. Tempat Tidur Sudah Sesuai?

Menjawab pertanyaan ini akan berbeda-beda untuk setiap orang, karena punya selera tempat tidur yang sesuai tersendiri. Namun untuk menjawabnya, kamu bisa mulai dari melihat kebutuhan tubuh pada tempat tidur. 

Kamu bisa perhatikan ulang apakah ukuran tempat tidurmu sudah sesuai atau malah terlalu sempit. Bisa jadi ukuran kasur yang digunakan sekarang adalah berdasarkan ukuran tubuh beberapa tahun yang lalu. 

Selain itu, tanyalah beberapa yang mengetahui kondisi tidurmu. Cari tahu seberapa sering pindah posisi tidur, usia, kondisi fisik tubuh tertentu dan faktor lainnya. Jangan lupa soal tingkat keempukan tempat tidur yang sekiranya kamu sukai. 

Siapa tau tempat tidurmu sekarang perlu diperbarui mengikuti ukuran tubuhmu sekarang. 

 

       4. Suhu Dingin

Suhu yang dingin jadi salah satu faktor munculnya kantuk loh. Contohnya mungkin pernah kamu rasakan ketika di ruangan ber-ac atau sewaktu di gunung membuatmu jadi ingin tidur.

Kenapa bisa? Karena semakin tubuh mendekati fase tidur, suhu tubuh mengalami penurunan. Maka dari itu kamu mengantuk ketika di ruangan ber-ac atau suhu dingin.

Menurut salah satu studi, penderita insomnia cenderung memiliki suhu tubuh yang lebih tinggi. Salah satu penyebab, penderita cenderung punya suhu tubuh tetap hangat hingga larut malam yang jadi.

Untuk mensiasati masalah tersebut, cobalah berendam air hangat sebagai cara cepat tidur. Kamu bisa berendam setidaknya 30 menit untuk membuat tubuh rileks dan mempercepat penurunan suhu, dan bisa tidur lebih cepat.

Salah satu cara cepat tidur tadi bisa kamu gunakan secara bergantian, tergantung kondisimu. Cara di atas bisa juga membantu mengatasi masalah tidur yang tidak kamu sadari. Sehingga kamu bisa menggunakan cara diatas sesuai dengan penyebab masalah tidurnya.

< Back

Tips Lainnya

Product 1
27 August 2020

Jangan sepelekan kesehatan kamar

Product 1
27 August 2020

Manfaat & Pentingnya Cuci Muka Sebelum Tidur

Product 1
27 August 2020

Pusing Setelah Tidur? Mungkin ini Penyebabnya

Loading...